Menu

Mode Gelap

Food · 1 Jun 2023 18:14 WIB ·

Omakase, Tradisi Unik Menikmati Kuliner Jepang


					Omakase, Tradisi Unik Menikmati Kuliner Jepang Perbesar

Omakase, Tradisi Unik Menikmati Kuliner Jepang

ryokotomo.com – Penyajian makanan Jepang seringkali mencuri perhatian karena tampilan yang unik dan penuh seni. Bukan hanya soal tampilan, Jepang juga memiliki tradisi-tradisi unik dalam menyajikan makanan seperti omakase yang sudah cukup terkenal. Mengapa dikatakan unik? Yuk simak pembahasan selengkapnya di artikel berikut.

Tradisi Omakase dalam Dunia Kuliner Jepang

Istilah omakase sendiri berawal dari restoran sushi. Dulu makanan ini termasuk mahal dan hanya bisa dinikmati oleh kalangan orang kaya. Pada perkembangannya sushi mulai bisa dinikmati oleh kalangan biasa di Jepang.

Namun, banyak masyarakat Jepang yang belum familiar dengan jenis makanan sushi. Oleh sebab itu, mereka memilih untuk menyerahkan semuanya pada sang koki untuk memilih sushi dan menyiapkannya untuk mereka.

Sistem pemesanan makanan yang mulai populer tahun 1990an ini terus bertahan hingga sekarang dan menjadi salah satu tradisi unik yang ada dalam dunia kuliner Jepang. Jadi, saat kamu memasuki restoran dengan sistem ini, kamu tidak memesan makanan yang ada dalam daftar menu, melainkan menyerahkannya pada koki profesional untuk menyajikan sushi terbaik untuk dinikmati.

Omakase, Tradisi Unik Menikmati Kuliner Jepang

Omakase, Tradisi Unik Menikmati Kuliner Jepang

Perlu diketahui bahwa tidak semua restoran sushi atau restoran Jepang menyediakan sistem ini. Biasanya hanya ada di restoran-restoran yang memiliki bahan-bahan segar harian seperti ikan dan sayuran segar untuk sushi.

Selain itu, harga layanan ini juga lebih mahal dari harga makanan yang biasa kamu pesan di tempat makan dengan sistem restoran biasa. Meski demikian, masih banyak orang yang menyukai tradisi memesan makan seperti ini karena tidak perlu bingung memikirkan menu yang akan dimakan.

Bagi masyarakat Jepang sendiri, mereka ingin mempercayai kemampuan dan opini dari seorang koki profesional. Kamu bisa melihat dari dekat bagaimana sang koki meracik dan menyiapkan hidangan dengan bahan-bahan segar.

Kamu juga bisa berinteraksi dengan sang koki dengan tetap menjaga batasan kesopanan. Boleh untuk bertanya tetapi seputar makanan dan bukan mengenai hal-hal pribadi.

Dengan memesan sushi maupun kuliner Jepang dengan sistem omakase ini, kamu tidak hanya menunggu makanan kamu disiapkan tetapi juga menyaksikan sebuah pertunjukan seni memasak yang ditampilkan oleh seorang koki profesional.

 

Untuk Informasi Unik dan Travel Jepang, selalu buka ryokotomo.com
Ikuti kami di Facebook, Twitter dan Instagram @ryokotomoid
Artikel ini telah dibaca 2 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Makanan Khas Musim Semi Jepang yang Tidak Boleh Dilewatkan

12 April 2024 - 15:40 WIB

makanan khas musim semi jepang

Mengapa Makanan Jepang Ini Tak Disukai di Tanah Asalnya?

12 April 2024 - 14:19 WIB

makanan jepang

Momiji Manju, Kue Daun Khas dari Hiroshima

18 November 2023 - 10:05 WIB

Momiji Manju, Kue Daun Khas Dari Hiroshima

Oden, Kuliner Hangat yang Nikmat Saat Cuaca Dingin

15 November 2023 - 13:12 WIB

Oden, Kuliner Hangat Yang Nikmat Saat Cuaca Dingin

Yakitori, Sate Khas Jepang yang Menjadi Favorit Para Turis

13 November 2023 - 10:32 WIB

Yakitori, Sate Khas Jepang Yang Menjadi Favorit Para Turis

Mengenal Kabocha, Makanan Khas Jepang Saat Musim Gugur

9 November 2023 - 18:10 WIB

Mengenal Kabocha, Makanan Khas Jepang Saat Musim Gugur
Trending di Food