Menu

Mode Gelap

Destination · 20 May 2024 14:28 WIB ·

Menyusuri Jejak 5 Destinasi Sejarah Jepang dengan Kisah Paling Kelam


					Menyusuri Jejak 5 Destinasi Sejarah Jepang dengan Kisah Paling Kelam Perbesar

ryokotomo.com – Jepang dengan sejarah panjangnya telah melalui banyak peperangan baik dari serangan luar maupun konflik internal. Oleh karena itu, ada banyak destinasi sejarah di Jepang yang memiliki kisah cukup memilukan.

Meskipun nuansanya sedikit menyedihkan dan menegangkan, hal ini tidak menyurutkan niat wisatawan domestik maupun mancanegara untuk menjelajahi tempat-tempat tersebut. Di mana saja destinasi sejarah yang dimaksud? Berikut ulasannya.

1. Pulau Hashima

Pulau Hashima sebelum ditinggalkan oleh penduduknya karena cadangan batu bara yang mulai habis, pernah mencapai masa kejayaan sebagai pulau tambang batu bara yang menguntungkan bagi Jepang. Sayangnya, pengolahan tambang ini melibatkan kerja paksa dari orang Korea dan China selama masa penjajahan Jepang. Kisah memilukan ini diangkat dalam film Korea Selatan berjudul The Battleship Island (2017). Kini, pulau yang kehilangan pesonanya ini menjadi tempat terbengkalai dengan bangunan-bangunan lusuh yang menjadi ciri khas tersendiri. Meski kesannya menyeramkan, banyak wisatawan yang tertarik untuk melihat destinasi sejarah ini dari dekat.

2. Nagasaki

Nagasaki adalah salah satu kota yang dijatuhi bom atom oleh Amerika Serikat, tepatnya tiga hari setelah Hiroshima. Peristiwa ini juga sama memilukannya dan akhirnya membuat Jepang menyerah kepada sekutu. Seperti di Hiroshima, Nagasaki juga memiliki banyak tempat bersejarah, seperti Museum Bom Atom Nagasaki, Taman Perdamaian, serta Museum Sejarah dan Budaya Nagasaki yang semuanya berdiri untuk mengenang tragedi ini.

3. Iwo Jima

Iwo Jima adalah sebuah pulau di Samudra Pasifik yang juga mengalami nasib tragis seperti Okinawa. Pulau ini direbut oleh sekutu terlebih dahulu dalam Pertempuran Iwo Jima. Dulu, Iwo Jima menjadi tempat tertancapnya bendera Amerika Serikat. Kini, pulau tersebut menjadi destinasi pilihan khususnya bagi para pecinta petualangan. Keindahan alamnya yang luar biasa, dari daratan hingga laut, membuat siapa saja yang datang ke sini betah berlama-lama. Jauh dari hiruk-pikuk kota, Iwo Jima sangat cocok untuk menyegarkan pikiran.

4. Hiroshima

Hiroshima mungkin sudah tidak asing lagi di telinga. Kota ini menjadi lokasi serangan bom atom pertama oleh Amerika Serikat pada 6 Agustus 1945. Tragedi tersebut meninggalkan jejak yang mendalam dan kini banyak tempat bersejarah di Hiroshima yang didedikasikan untuk mengenang peristiwa tragis tersebut. Selama berada di sana, kamu bisa mengunjungi beberapa tempat bersejarah seperti Monumen Perdamaian, Museum Peringatan Perdamaian, Taman Monumen Perdamaian, serta Monumen Perdamaian Anak.

5. Okinawa

Pertempuran Okinawa berlangsung sebelum bom atom dijatuhkan di Hiroshima dan Nagasaki, tepatnya antara April hingga Juni 1945. Pertempuran ini merupakan upaya Jepang untuk mempertahankan Pulau Okinawa dari sekutu. Okinawa memiliki posisi strategis sebagai gerbang utama masuk ke Jepang, karena dilengkapi dengan pelabuhan dan lapangan terbang. Kini, Okinawa menjadi destinasi mempesona bagi pecinta wisata alam dengan keindahan alam yang menawan.

Kelima destinasi di Jepang ini meski menyimpan sejarah kelam di masa lalu, tetap layak dijadikan tujuan wisata terutama bagi kamu yang menyukai sejarah. Mengunjungi tempat-tempat ini bukan hanya memberikan pengalaman wisata, tetapi juga pelajaran berharga tentang pentingnya perdamaian dan sejarah.

Untuk Informasi Unik dan Travel Jepang, selalu buka ryokotomo.com
Ikuti kami di Facebook, Twitter dan Instagram @ryokotomoid
Artikel ini telah dibaca 1 kali

Baca Lainnya

Surga Kuliner di Prefektur Iwate: Dari Mi Legendaris hingga Hidangan Laut Segar!

11 June 2024 - 06:00 WIB

prefektur iwate

Menikmati Keindahan 5 Stasiun Tanpa Staf di Tokyo, Jepang

10 June 2024 - 16:00 WIB

stasiun tanpa staf di tokyo

Temukan 4 Restoran Tersembunyi di Sekitar Tokyo Skytree yang Wajib Dikunjungi!

10 June 2024 - 06:00 WIB

tokyo skytree

Tempat Wisata Gratis di Jepang, Dijamin Seru dan Hemat Budget

31 May 2024 - 20:34 WIB

kuil meiji

Kamikochi, Wisata Alam Tersembunyi di Pegunungan Jepang

27 May 2024 - 15:59 WIB

wisata alam tersembunyi

Pesona 5 Masjid di Jepang, Simbol Toleransi dan Keindahan Arsitektur

27 May 2024 - 09:19 WIB

masjid di jepang
Trending di Destination