Menu

Mode Gelap

Culture · 23 Jun 2024 08:00 WIB ·

Mengelola Sampah di Jepang Jadi Tantangan dan Solusi untuk Wisatawan


					Mengelola Sampah di Jepang Jadi Tantangan dan Solusi untuk Wisatawan Perbesar

ryokotomo.com – Membuang sampah di Jepang memang memiliki tantangan tersendiri. Kamu harus memilah-milah sampah terlebih dahulu dan mencari tempat sampah yang tepat. Sering kali, tempat sampah ini hanya tersedia di minimarket atau stasiun. Bagi wisatawan asing yang belum terbiasa, memahami sistem pembuangan sampah di Jepang membutuhkan waktu dan upaya ekstra.

Namun, kompleksitas mengelola sampah ini sebenarnya turut berperan dalam menjaga kebersihan dan keindahan Jepang. Aturan tentang jenis sampah seperti yang bisa terbakar, tidak bisa terbakar, sampah daur ulang, serta peraturan lainnya cukup rumit di Jepang.

Sebelum membuang sampah rumah tangga, pastikan jenis sampah yang akan diambil oleh petugas pada hari itu. Setiap daerah di Jepang memiliki hari tertentu untuk setiap kategori sampahnya. Sampah harus dimasukkan ke dalam plastik dan ditempatkan di tempat pengambilan sampah yang sudah ditentukan sebelumnya pada malam hari, karena petugas biasanya mengambilnya pada pagi hari.

Tempat sampah di Jepang sering dilengkapi dengan jala untuk melindungi dari binatang liar seperti burung gagak, kucing, atau anjing. Informasi mengenai peraturan pembuangan sampah bisa kamu dapatkan dari kantor kota atau prefektur melalui situs resmi mereka, atau langsung datang ke kantor untuk meminta panduan dalam bahasa yang kamu pahami.

Bagi wisatawan, mencari tempat sampah di Jepang bisa menjadi tantangan tersendiri. Minimarket sering menjadi pilihan terbaik untuk membuang sampah, karena mereka menyediakan tempat sampah di luar atau di dalam toko. Meskipun begitu, penting untuk diingat bahwa tempat sampah di minimarket sebaiknya digunakan oleh pengunjung minimarket.

Dengan adanya mesin penjual otomatis yang tersebar di seluruh Jepang, kamu bisa membuang kaleng atau botol plastik bekas minuman langsung di tempat sampah yang disediakan di sekitar mesin tersebut. Di stasiun kereta, tempat sampah sering hanya tersedia untuk sampah daur ulang seperti kertas.

Secara keseluruhan, kebersihan Jepang yang terjaga tidak terlepas dari ketegasan dalam mengatur sistem mengelola sampah. Ini adalah hasil dari disiplin dan komitmen dalam mematuhi peraturan yang berlaku sehingga menciptakan pengalaman wisata menyenangkan di negara ini.

Untuk Informasi Unik dan Travel Jepang, selalu buka ryokotomo.com
Ikuti kami di Facebook, Twitter dan Instagram @ryokotomoid
Artikel ini telah dibaca 1 kali

Baca Lainnya

Era Baru Kapal Kangei Maru Jepang Meneguhkan Tradisi Perburuan Paus Kontroversial

25 June 2024 - 08:00 WIB

tradisi perburuan paus

Keunikan dan Misteri di Balik Japanese Serow, Kambing Hutan Jepang

20 June 2024 - 08:00 WIB

kambing hutan jepang

Deretan Culture Shock yang Membuat Heran Saat Liburan ke Jepang

31 May 2024 - 17:42 WIB

culture shock

Merasakan Keindahan Budaya Melalui Berbagai Festival Jepang

29 May 2024 - 10:00 WIB

festival jepang

Tradisi Yabusame: Memanah di Atas Kuda, Ritual Elit Samurai Jepang

27 May 2024 - 11:00 WIB

tradisi yabusame

Tips Tata Krama Makan Jepang yang Harus Diperhatikan Saat Wisata Kuliner di Jepang

13 May 2024 - 16:17 WIB

wisata kuliner di jepang
Trending di Culture