Menu

Mode Gelap

Culture · 27 Oct 2020 22:36 WIB ·

Bangau Jepang Langka Terlihat untuk Pertama Kalinya dalam 130 tahun di Danau Utonai

 Bangau Jepang Langka Terlihat untuk Pertama Kalinya dalam 130 tahun di Danau Utonai Perbesar

Ryokotomo.com – Pengagum satwa liar Jepang akan senang mendengar tentang kedatangan anak burung bangau mahkota merah di Suaka Danau Utonai. Pengumuman tersebut mengkonfirmasi penampakan induk burung bangau dan anaknya di distrik hutan belantara Yūfutsu di Hokkaido untuk pertama kalinya sejak rekaman di daerah Meiji, sekitar 130 tahun yang lalu.

Burung bangau mahkota merah (juga dikenal sebagai bangau Jepang atau bangau Manchuria) adalah pemandangan umum dalam mitologi dan citra Jepang, tetapi kenyataannya, burung ini termasuk di antara keturunan bangau paling langka di dunia. Dengan perkiraan hanya 1.830 burung di alam liar – 950 di antaranya merupakan bagian dari populasi penduduk Jepang – penampakan pasangan berkembang biak yang sukses dan keturunan mereka adalah musik di telinga para konservasionis.

Ryokotomo - september

Gambar diambil oleh penjaga hutan WBSJ pada 5 September 2020.

Dalam beberapa tahun terakhir, tempat berkembang biak burung bangau mahkota merah telah berkembang secara bertahap di seluruh Hokkaido. Sebelumnya, wilayah ini terbatas pada Hokkaido Timur, tetapi burung terus terlihat di wilayah Tomakomai sejak 2013, dan pengamatan burung muda yang terbang telah menyebabkan Masyarakat Burung Liar Jepang (WBSJ), diharapkan berkembang biak di distrik Yūfutsu.

Pada 26 Mei 2020, seorang anggota WBSJ membenarkan kecurigaan masyarakat, dan merekam keluarga burung bangau mahkota merah dengan anak ayam yang sehat di Suaka Danau Utonai. Informasi tersebut awalnya ditahan oleh masyarakat, untuk mencegah dampak negatif kunjungan pengamat burung terhadap kegiatan reproduksi di daerah tersebut dan perkembangan anak ayam. Setelah burung muda cukup dewasa untuk belajar terbang, masyarakat membuat pengumuman tentang keberhasilan pengembangbiakan di distrik Yūfutsu.

Ryokotomo - june

Gambar diambil oleh penjaga hutan WBSJ pada 5 September 2020.

Timeline penampakan bangau mahkota merah

15 April 2020 – Seekor burung dewasa terlihat mencari makan di area pengomposan sebuah peternakan sebelum terbang menuju Danau Utonai.

26 Mei 2020 – Seorang penjaga WBSJ memantau jejak pengamatan alam di sepanjang pantai Danau Utonai. Dengan menggunakan teleskop, ranger melihat seekor bangau dewasa bermahkota merah. Setelah mempertimbangkan bahwa danau tersebut mungkin merupakan tempat berkembang biak burung bangau, pencarian menyeluruh di daerah tersebut dilakukan dan diakhiri dengan penemuan keluarga dan anak burung bangau mahkota merah.

24 Juni 2020 – Survei observasi kedua dilakukan di daerah tersebut dan keluarga tersebut dikonfirmasi untuk kedua kalinya di lahan basah Danau Utonai. Tim berusaha untuk mencari tempat bersarang, tetapi tampaknya anak ayam tersebut sudah melebihi sarang dan tidak dapat ditemukan.

31 Juli 2020 – Survei lain kembali tanpa ada penampakan. Diasumsikan bahwa anak ayam tersebut mungkin sudah keluar dari grup keluarga.

5 September 2020 – Sebuah keluarga burung bangau mahkota merah dengan seekor anak burung sekali lagi terlihat di daerah Danau Utonai, kali ini di sebuah peternakan dekat lahan basah. Diyakini itu adalah keluarga yang sama yang pertama kali terlihat pada 26 Mei.

Dengan terungkapnya kisah sukses penangkaran di distrik Yūfutsu, WBSJ akan mencoba untuk menetapkan kawasan tersebut sebagai kawasan konservasi yang dilindungi. Untuk memulai, sejumlah survei perlu dilakukan untuk memahami habitat bersarang. Setelah itu, diskusi akan dilanjutkan dengan instansi pemerintah terkait di mana mereka akan mempertimbangkan pembatasan akses ke kawasan dan kegiatan konservasi yang perlu dilakukan di kawasan tersebut.

Gambar di bawah ini menunjukkan peta wilayah penangkaran bangau mahkota merah di Hokkaido. Burung itu pernah dianggap punah di Jepang karena penangkapan berlebihan sumber makanan utama bangau mahkota merah dan perusakan habitat, tetapi ditemukan kembali pada tahun 1924 dan dipulihkan ke jumlah sekitar 950.

Hingga tahun 1960-an, burung bangau mahkota merah hanya diketahui memiliki populasi berkembang biak di titik paling timur pulau, tetapi setelah burung itu ditemukan kembali di Taman Nasional Kushiro, burung tersebut secara bertahap memperluas wilayahnya.

Ryokotomo - map

Gambar diambil oleh penjaga hutan WBSJ pada 5 September 2020.

Burung bangau mahkota merah dikenal dalam bahasa Jepang sebagai Tanchōzuru. Menurut legenda, burung-burung itu hidup selama 1.000 tahun, dan memberikan bantuan sebagai imbalan atas pengorbanan.

Cerita rakyat terkenal – Tsuru no Ongaeshi (Istri Bangau) – Bercerita tentang seorang pria yang menikahi seorang wanita yang diam-diam adalah seekor bangau yang menyamar. Pasangan itu miskin, dan untuk menghasilkan uang, istri bangau mencabut bulunya sendiri untuk menenun sutra, dengan mengorbankan kesehatannya sendiri. Ketika suami menemukan identitas asli istrinya, dia meminta istrinya untuk berhenti karena dia semakin sakit. Istri bangau memberi tahu pria itu bahwa dia melakukannya demi cinta, dan bahwa seseorang yang tidak mau berkorban untuk orang lain tidak pantas bersama bangau. Dan dengan itu, istri bangau terbang tidak pernah terlihat lagi.

Sumber: (1)

Untuk Informasi Unik dan Travel Jepang, selalu buka ryokotomo.com
Ikuti kami di Facebook, Twitter dan Instagram @ryokotomoid
Artikel ini telah dibaca 65 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Project Musik MILGRAM Dapatkan Pop-Up Shop untuk Waktu Terbatas

1 September 2022 - 12:51 WIB

Ryokotomo - ca4ceb04 music project milgram gets pop up shop for a limited time

ONE OK ROCK Memulai Kolaborasi Dengan Monster Energy

19 June 2022 - 17:35 WIB

Ryokotomo - 2cb1a343 one ok rock begins sponsorship with monster energy

Kyary Pamyu Pamyu Berkolaborasi dengan Kakinohasushi Hompo Tanaka dari Nara untuk Proyek LOCAL POWER JAPAN

10 June 2022 - 06:18 WIB

Ryokotomo - a4eb2c67 kyary pamyu pamyu collaborates with naras kakinohasushi hompo tanaka for

Rasakan Budaya Jepang dari Mana Saja dengan Ruang Virtual Kuil Kanda Myojin

10 June 2022 - 05:50 WIB

Ryokotomo - 35fe5393 experience japanese culture from anywhere with kanda myojin shrines virtual

Miliki Ceret Tradisional Dengan Desain Neon Genesis Evangelion Ini

1 March 2022 - 19:39 WIB

Ryokotomo - 54de4aa5 give your tea an impact with neon genesis evangelion traditional

Video Musik Lagu Baru Ayaka ‘The Notebook’ Dirilis, Menampilkan Yu Suzunoki

13 February 2022 - 17:16 WIB

Ryokotomo - Video Musik Lagu Baru Ayaka The Notebook Dirilis Menampilkan Yu
Trending di Culture
Ryokotomo